by

6 Tips Super Memilih Handphone Second

Terkadang sebagian orang memang memiliki keuangan terbatas, atau bisa saja beberapa orang hanya ingin membeli ponsel tambahan untuk mempermudah aktifitas mereka. Sehingga alternatif pembelian second menjadi salah satunya.

Namun resiko membeli barang bekas atau second yang rentan ditipu dan rusak menjadi masalah sebagian orang untuk menanggalkan niat mereka membeli ponsel bekas. Namun jangan khawatir, berikut ini tips dan trik membeli handphone second untuk anda para pemula :

  1. Cek kondisi Body HP Android

Fisik memang bukan jaminan ponsel anda masih bagus, namun fisik bisa menjadi salah satu faktor penentu apakah kondisi ponsel anda masih bagus atau tidak. Tips pertama ini bisa anda lakukan dengan melihat body hp pada android yang akan anda beli.

Cek juga apakah lubang atau port pada ponsel masih berfungsi atau tidak. Pastikan juga apakah body ponsel mengalami lecet terutama di bagian layarnya. Biasanya untuk ponsel bekas memiliki cacat atau retak, kemudian untuk bagian layar jangan sampai mengalami kerusakan khususnya pecah atau warna yang pudar.

  1. Cek Segel ketika hendak Membeli HP Android Second

Meskipun bekas beberapa ponsel dijual dalam bentuk utuh dan tidak rusak, nah tugas anda adalah mencari ponsel yang seperti ini. Jangan sampai rusak atau pecah, kemudian hindari ponsel yang sudah di servis atau diperbaiki. Cara tahunya adalah dengan melihat segel yang ada pada android yang akan dibeli.

Tahapannya, yakni dengan mengecek bagian belakang dan buka casing penutup hp android, buka semua komponen seperti baterai dan casing juga. Kecuali khusus ponsel baterai tanam, jika ada baud yang hilang ataupun komponen yang hilang maka dipastikan sudah pernah diservice, atau jika lebih akurat lagi jika anda mencium hp android tersebut. Seringkali ponsel yang sudah diservis bau terbakar atau bau solder.

  1. Ketahui Harga Pasaran HP Android

Selanjutnya adalah pasaran harga, jika anda membelinya secara online jelas akan lebih murah terutama jika anda beli dari penjual langsung dan bukan dari toko. Namun resikonya mendapatkan  barang yang belum tentu bagus. Selain itu jika anda membeli di toko anda harus tahu merek dan model handphone yang akan anda beli jangan sampai bingung harus membeli apa.

Coba browsing terlebih dahulu tentang tipe hp apa yang ingin anda beli, nanti akan muncul harga beserta spesifikasi hp yang akan di beli. Kemudian anda harus membandingkan antara hp android second yang hendak anda beli. Contohnya harga second mencapai 6 juta rupiah sedangkan untuk baru anda hanya membeli 7.5 juta. Rasanya sayang bukan membeli untuk barang second, anda bisa menabung kembali untuk yang baru. Namun jika jauh tidak masalah bukan ?

Dari harga anda juga bisa membandingkan apakah toko tersebut menyediakan harga yang wajar atau tidak. Kita juga bisa mengetahui apakah ponsel tersebut memang layak atau tidak untuk digunakan, mengingat bahwa ponsel dari jenis second seringkali tidak tepat harganya.

  1. Cek Spesifikasi Android Second

Selanjutnya adalah mengecek kembali spesifikasi ponsel yang ingin anda beli. Sebenarnya pertimbangan membeli ponsel bekas agak berat jika anda ingin kondisi ponsel bagus. Melihat spesifikasi ponsel yang bagus bisa melihat dan menjawab secara teliti hp android second. Untuk cek keseluruhan CPU, kapasitas ram dan tentunya mode koneksi internet yang bisa digunakan. Selain itu,  kualitas kamera, dan bagian layar. Anda dapat mengetahuinya di menu pengaturan hp android, pastikan sudah sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Cek Nomor IMEI

Terakhir adalah mengecek kembali nomor IMEI yang sudah pasti tidak akan mengoyak atau mengubah kondisi ponsel. IMEI juga menjadi nomor yang seringkali digunakan untuk melacak kondisi atau keberadaan ponsel ketika hilang. Setiap ponsel memiliki nomor IMEI berbeda-beda. Untuk melihat apakah nomor IMEI ponsel sama dengan kotak dan ingin mengecek apa benar IMEI sesuai dengan deskripsi penjual. Anda tinggal mengetik *#06#* di panggilan dan klik panggil. Nantinya akan tertera nomor IMEI dan deskripsi pabrik tambahan, nomor ini tertanam dan tidak bisa hilang.

Comment

News Feed