by

5 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Apa sih yang anda harapkan ketika sedang bermain ponsel ? pasti jawabannya ponsel bisa menemani anda kapanpun dan dimanapun. Sayangnya alat teknologi yang canggih ini membutuhkan daya sebagai energi penggeraknya. Sedangkan daya tersebut didapatkan dari listrik yang disimpan dalam sebuah baterai.

Namun, ada masalah terbaru yang teman-teman gadget rasakan. Dimana baterai ponsel menjadi cepat habis padahal anda membutuhkannya seharian tanpa perlu di cas. Selain itu, ada juga beberapa ponsel yang bekerja dengan baik di awal namun semakin lama performanya turun akibat baterai ponsel yang cepat habis. Nah kenali beberapa alasan mengapa baterai ponsel anda jadi cepat habis :

  • Menggunakan Aplikasi Besar

Apakah anda sadar dengan “jahilnya” anda membuka aplikasi dengan ukuran dan membutuhkan kapasitas besar bisa menguras daya baterai ? misalnya saja anda membuka aplikasi menonton film, atau youtube ataupun sekedar membuka video layaknya instagram. Seringnya membuka aplikasi besar tersebut membuat kerja ponsel menjadi berat sehingga mereka mencoba memaksimalkan daya kerja baterai.

Namun harus anda tahu bahwa ponsel dimulai dari hidupnya hingga rusak pasti bisa dihitung menggunakan jari. Kapan ponsel dimatikan dan tidak digunakan, atau kapan ponsel diistirahatkan. Rasanya jarang orang berpikiran mereka harus mengistirahatkan ponsel. Kita juga sering tidak sadar memaksa ponsel untuk bekerja membuka aplikasi besar.

  • Mencari sinyal

Seringkali ketika anda memaksakan mencari sinyal maka ponsel anda akan memaksimalkan daya yang dimiliki. Baterai menjadi cepat habis dan jika dilakukan terus menerus maka baterai seperti bocor dan akan cepat low bat. Nah cara mudahnya anda bisa mengganti menggunakan kartu yang lebih mudah sinyalnya tersambung. Selain itu, anda bisa menggunakan wifi untuk mempermudah kerja ponsel anda.

  • Google Play Service

Khusus untuk anda yang menggunakan android, perlu diketahui bahwa aplikasi dari Google yang terbukti memakan daya baterai cukup besar adalah google play service. Namun sedihnya anda tidak akan bisa menghilangkan aplikasi ini, anda hanya bisa mengelolanya supaya tidak menjadi benalu di ponsel pintar anda. anda bisa membuka bagian menu Settings > Applications > All > Google Play Services.

Setelahnya, tekan Clear cache. Hal itu dapat memperbarui aplikasi tersebut dan menghentikannya memakan daya baterai yang besar dan juga mencoba menekan google play agar tidak terus menerus terupdate dan bekerja untuk menghabiskan daya anda. Semakin anda membiarkan google play ini merajalela, maka semakin berpotensi juga baterai ponsel anda mudah habis sampai bocor.

  • Auto Brightness

Selanjutnya adalah hal sepele namun ternyata berhasil mempengaruhi banyak usia baterai android. Terutama untuk bapak dan ibu yang seringkali melihat layar dengan ukuran cahaya yang memang harus besar karena tidak terlihat. Bagi beberapa pengguna android, mungkin malas menyesuaikan kecerahan layar secara manual, pasti mengaktifkan modus Auto-brightness.

Padahal di sisi lain auto inilah biang kerok dari kerusakan baterai anda sehingga cepat habis. Selain itu, banyak para pemilik ponsel yang tidak sadar telah mengaktifkan modus tersebut karena sudah ada sejak awal. Direkomendasikan anda untuk menggunakan jenis cahaya yang standar atau manual saja agar tidak terlalu sakit ke mata dan tentu menjaga kesehatan baterai ponsel anda.

  • Sistem Android

Siapa yang tidak kesal dengan sistem android yang tidak bisa anda utak atik. Pertama karena sistem tersebut membangun dan menjadi otak dari ponsel. Selain itu sistem biasanya membawa sampah yang akhirnya menyusahkan anda.  Dalam banyak kasus, sistem Android bisa mengurasi daya baterai sebesar 25 persen. Apabila hal tersebut terjadi sudah bisa dipastikan baterai ponsel anda akan sangat boros.

Banyak yang mengatakan bahwa anda bisa mengurangi kemungkinan borosnya bterai dengan cara menurunkan OS pada android tersebut. misalnya saja, anda menggunakan marshmallow, maka anda bisa menurunkannya ke lollipop atau kitkat. Namun untuk menurunkan OS biasanya satu tingkat dibawahnya. Selain baterai awet, biasanya ponsel tidak akan “lemot” alias respon lama dan juga cekatan dalam digunakan. Ada juga cara lain menghemat baterai yaitu dengan melakukan factory reset.

Comment

News Feed